Tuesday, March 28, 2017

Manfaat makanan Sehat




Makanan sehat adalah makan yang mengandung zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan harus memiliki beberapa syarat, yaitu higienis, bergizi dan berkecukupan, tetapi tidak harus makanan mahal dan enak. Makanan higienis adalah makanan yang tidak terkena kuman atau zat yang dapat mengganggu kesehatan. Makanan bergizi adalah makanan yang memiliki jumlah kandungan karbohidrat, protein, lemak dan vitamin yang cukup untuk tubuh. Sedangkan makanan berkecukupan adalah makanan yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan usia dan kondisi tubuh. Selain persyaratan di atas, makanan sehat itu dipengaruhi oleh cara memasaknya, suhu makanan pada saat penyajian dan bahan makanan yang mudah dicerna. Tujuan dari memakan makanan yang sehat bagi tubuh adalah untuk menjaga agar badan tetap sehat, tumbuh dan berkembang dengan baik . Sedangkan apabila tidak terpenuhi syarat – syarat tersebut, bukan kesehatan yang didapat tetapi malah terbentuk panyakit.

Berikut ini beberapa manfaat makanan untuk tubuh manusia :
·         Sebagai Sumber Energi
Semua zat makanan yang dihasilkan dari sistem pencernaan akan menghasilkan energi untuk tenaga dalam melakukan aktivitas. Bisa Anda bayangkan jika asupan makanan ke tubuh tidak ada atau hanya dalam jumlah kecil maka energi tidak akan cukup untuk digunakan beraktivitas sehingga terasa lemas atau mengantuk.

Sebagai perbaikan
Organisme hidup kadang-kadang merusak bagian mereka secara tidak sengaja. Bekerja terus menerus juga menyebabkan keausan bagian tubuh. Jika kita mendapatkan luka atau sayatan, itu dapat sembuh setelah beberapa waktu. Jika kita merusak kulit kita karena beberapa luka bakar dll, itu kembali ke bentuknya pada waktunya. Tubuh membutuhkan makanan untuk semua fungsi tersebut.

·         Untuk Pertumbuhan Tubuh
Pertumbuhan badan setiap orang akan membutuhkan banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Rata-rata setiap manusia akan mengkonsumsi makanan sebanyak 3 kali sehari. Jadi pertumbuhan seseorang akan cepat atau lambat tergantung dari asupan nutrisi makanan.

·         Sebagai pembangun tubuh
Zat-zat makanan yang terkandung pada tubuh difungsikan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan serta penggantian sel tubuh yang rusak. Di mana zat makanan yang berperan sebagai pembangun tubuh ini seperti protein dan beberapa mineral.

·         Mengatur proses tubuh
Mengatur proses tubuh (zat pengatur), yaitu makanan yang mengandung protein, mineral, air , dan vitamin. Protein mengatur keseimbangan air di dalam sel. Mineral dan vitamin sebagai pengatur dalam proses oksidasi, fungsi saraf dan otot. Kalium dan natrium untuk menjaga keseimbangan osmosis sel. Air sebagai pelarut zat-zat di dalam tubuh, mengatur suhu tubuh dan berperan dalam proses ekskres.

baca juga : 




No comments:

Post a Comment